Blogroll

Selasa, 02 Agustus 2016

Buta Mata, Tapi Tajam Mata Batin

Bahwa Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-haddad lahir di Tarim Hadromaut pada malam kamis tanggal 5 safar 1044 H. Beliau sejak kecil matanya tidak bisa melihat. Akan tetapi beliau mempunyai ketajaman mati batin yang sangat-sangat tajam. Mata beliau tidak bisa melihat, tapi karya kitab beliau itu banyak.

و قد كف بصره وهو صغير فعوضه الله عنه بنور البصيرة

Jum’at malam sabtu, 29 juli 2016, ketika Kiai Achwanuri menyampaikan biografi singkat Habib Abdullah Al-haddad sampai redaksi  tersebut, Kiai Achwanuri mengkisahkan sosok Al-Marhum Mbah Mad Muntilan Watucongol Magelang yang mempunyai kesamaaan dengan Habib Abdullah Al-Haddad.

“Kalau nggak salah, antara pada tahun 1986 dan 1988, saya sowan ke Mbah Mad Muntilan. Beliau itu tidak bisa melihat. Sehingga beliapun tidak bisa melihat siapa-siapa saja yang sedang sowan ke beliau. Tapi walaupun beliau demikian, anehnya beliau itu ketika berhadapan dengan al-qur’an atau kitab keislaman, seolah-olah ada sesuatu cahaya yang menerangi kitab, sehingga beliau bisa membacanya. Dari sosok Mbah Mad inilah saya bisa faham tentang Habib Abdullah yang matanya tidak bisa melihat tapi Allah menggatinya dengan memberikan ketajaman mata batin”, kata Kiai Achwanuri dalam pelajaran kitab Al-Hikam di kelas 6 Madrasah Diniyah Nurul Huda Mergosono Malang.

Mbah Mad Muntilan Watucongol Magelang

Kiai Ahwanuri melanjutkan bahwa Mbah Mad juga sempat dawuh,” saya begini ini ya tetap saja ada nikmatnya. Kalau saya jalan-jalan ke tepi sungai sana itu, kan di sana sering ada wanita pada mandi di sungai, ya dengan keadaan begini ya saya jadinya bisa terjaga dari pemandangan yang tidak boleh dilihat itu. Coba kalau saya bisa melihat? Saya ya belum tentu bisa menjaga mata dari pemandangan yang tak boleh dipandang itu”.


Semoga Allah senntiasa menjaga mata kita dari segala pemandangan yang buruk. Semoga Allah mempertajam mata batin kita semua. Amin.
________________________

Oleh: Indirijal Lutofa (santri Madrasah Diniyyah Nurul Huda Mergosono Malang)

1 komentar

Unknown 21 Maret 2017 pukul 01.29

Assalamualakum Wr Wb
kak terima kasih artikelnya sangat membantu, setelah membacanya saya sangat
terenyuh sekali dan mengagumi tulisan ini sama seperti ketika saya membaca di
situs ilmu mata batin, seketika saya
terenyuh dan sangat bersemangat untuk mengamalkan
Ilmu Mata Batin, Saya
juga sangat menyarankan bagi anda yang suka mempelajari
Ilmu Mata Batin silahkan
kunjungi situs resminya di Ilmu Mata
batin
semoga dapat membantu dan semakin berkah amin
Wassalamualaikum Wr Wb

Posting Komentar