Blogroll

Minggu, 17 Juli 2016

Gus Dur Kontroversi? Jutaan Umat Islam Telah Mendoakannya



Bismillah. Banyak sekali yang menilai bahwa Gus Dur itu tokoh Islam yang krontroversi. Bahkan berbagai statement dan prilaku Gus Dur (pluralisme-nya khususnya), ada yang sampai menilai Gus Dur telah murtad, Gus Dur kafir. Berseberangan dengan penilaian tersebut, namun ada banyak orang yang menilai Gus Dur itu termasuk orang-orang yang sholih. Bahkan ada banyak pula yang menilai atau menganggap Gus Dur itu termasuk diantara wali-wali Alloh. Wallohu a'lam atas segalanya.
Bismillah lagi. Saya yakin Gus Dur itu wafat dalan keadaan muslim. Tanpa melepaskan dari penilaian Gus Dur itu wali, terkait kontroversinya, jika memang kontroversinya itu sampai menimbulkan dosa atas diri Gus Dur sendiri, maka sungguh saya katakan bahwa sekontroversi-kontroversinya Gus Dur, beliau itu telah didoakan oleh banyak orang. Makam Tebuireng, makam dimana Gus Dur disemayamkan, setiap harinya diziarahi oleh ribuan umat islam. Data mencatat bahwa setiap harinya, makam tersebut diziarahi oleh kisaran 2000-5000 orang. Sebelum ada Gus Dur di makam Tebuireng, makam hanya diziarahi oleh ratusan orang, tidak sampai ribuan. Itu menandakan bahwa banyak yang datang ziarah untuk Gus Dur yang tentu juga datang untuk kakeknya, ayahnya, dan ahlul qubur yang lain.

Mari kita hitung, dibuat minimal rata-rata saja, ada 3000 orang setiap harinya yang berziarah ke Gus Dur. Pasti mereka para peziarah hadiah al-fatikhah khususon ila Gus Dur. Dibuat minimal, satu orang hadiah al-fatikhah satu untuk Gus Dur. Jadi setiap hari ada kiriman doa 3000 al-fatikhah untuk Gus Dur. 3000 al-fatikhah dikalikan jumlah hari dalam setahun, berapa? Terus dihitung sudah berapa tahun sejak tahun wafatnya sampai tahun ini, berapa jadinya? Belum lagi, di bulan-bulan tertentu peziarah membludak. Belum lagi juga, selain al-fatikhah, ada qulhu, an-nas, al-falaq, dan lainnya yang tentu dihadiahkan untuk ahlul qubur Tebuireng, termasuk Gus Dur.
Jadi sudah berapa jumlah doa peziarah Gus Dur? Piro? Pira? Banyak pokoknya, jutaan, bahkan puluhan juta. Bahkan konon ada data yang menyatakan jumlah peziarah sudah melebihi jumlah pengguna internet di Indonesia, yakni sekitar 143 juta jiwa. Wallohu a'lam.
Jadi jika memang kekontroversian Gus Dur itu menimbulkan dosa atas dirinya sendiri, maka sungguh Gus Dur itu telah didoakan oleh banyak orang, sebagaimana data tadi. Adakah yang menyangkal doa sebanyak itu ditolak oleh Alloh? Dapatkah dikatakan bahwa Gus Dur itu kebanjiran doa? Dapat. Karena mbuldaknya doa untuk Gus Dur dan Gus Dur kebanjiran doa, mungkinkah keberkahan doa si pen-doa itu kembali ke diri si pe-doa itu sendiri? Mungkinkah? Mungkin. Inti yang ingin dikatakan di sini ialah bahwa sekontroversi-kontroversinya Gus Dur, beliau itu didoakan oleh banyak umat. Wallohu a'lam
<!--


***********************

Sebuah unek-unek yang terlintas di otak ketika melihat banyaknya keluar-masuknya peziarah di makam Tebuireng dan tulisan ini pernah distatuskan melalui akun fesbuk pada 29 november 2015

Oleh: Indirijal Lutofa

0 komentar

Posting Komentar